5:51 PM
0


Sejarah lahirnya internet tak bisa lepas dari kesuksesan Uni Soviet meluncurkan satelit buatan pertama SPUTNIK di tahun 1957.
 

Gambar Satelit Sputnik & Teknisinya
Sumber: www.space50.net

Satelit Sputnik, yang memiliki berat 83 kg dan berukuran hanya dua kali ukuran bola kaki, bisa dilihat dengan mata telanjang ketika mengelilingi Bumi selama 22 hari. Sputnik memancarkan sinyal yang bisa didengar di radio biasa. Di saat penduduk di seluruh dunia menatap langit di malam hari untuk berusaha melihat gerakan satelit kecil itu, dunia sadar bahwa hal yang mendasar sudah berubah.
Kesuksesan Uni Soviet inilah yang menjadi pemicu Amerika Serikat (melalui Departemen Pertahanannya)  membentuk Agen Proyek Pengembangan Riset (Advanced Research Project Agency atau ARPA). Tujuannya menjadikan Amerika Serikat sebagai pelopor pengembangan teknologi yang bisa diaplikasikan untuk militer.
Pada Desember 1969, ARPA membangun jaringan komputer yang menghubungkan empat node (komputer) yaitu:
1.      Standford University
2.      University of Utah
3.      University of California Los Angeles (UCLA)
4.      University of California Santa Barbara (UCSB)
Jaringan komputer ini dikenal sebagai ARPA Network (ARPANET). Kelak, jaringan inilah yang menjadi cikal-bakal internet di masa sekarang ini.

 
 Gambar Empat Node Arpanet sebagai Cikal Bakal Internet
 Sumber: http://redvip.homelinux.net

Tujuan utama dari Arpanet adalah membangun komando dan pengendalian jaringan guna pertahanan serangan nuklir, mengingat penggunaan jaringan telepon circuit switched tradisional dianggap sudah tidak aman lagi. Diharapkan Arpanet bisa tetap menghubungkan komputer-komputer yang letaknya berjauhan supaya tetap mampu melakukan pertukaran data.

 
        Sekitar tahun 1970, sudah lebih dari 10 node (komputer) terhubung ke Arpanet.
Pada tahun 1971, Roy Tomlinson menciptakan program e-mail untuk Arpanet. Program ini memungkinkan pengiriman surat secara elektronik melalui jaringan komputer.
Setahun kemudian (1972)  Ia menyempurnakan program e-mail ini sehingga menjadi sangat mudah dipakai dan segera segera populer. Di tahun yang sama, diperkenalkan icon @ yang berarti “at” atau “pada”.
Di tahun 1973, perkembangan Arpanet sudah merambah ke luar Amerika Serikat, yaitu dengan terhubungnya komputer University College di London (Inggris) ke Arpanet. Di tahun ini pula Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan gagasan besar mengenai hubungan antar jaringan (Interconnection Network atau Internet). Inilah yang menjadi cikal bakal pemikiran Internet.

 
        Pada tanggal 26 Maret 1976 Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian lebih dari 100 komputer sudah tersambung ke Arpanet membentuk jaringan komputer yang lebih luas.
Dalam tahun 1979 Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin membentuk newsgroup pertama bernamaUSENET. Dua tahun kemudian (1981) disusul France telecom berhasil menciptakan telepon televisi pertama di dunia yang memungkinkan dua orang yang sedang melakukan percakapan via telepon berhubungan dengan video link.
Pertumbuhan jaringan komputer semakin luas sehingga membutuhkan protokol resmi yang bisa diterima oleh seluruh bentuk jaringan. Untuk keperluan ini pada tahun 1982 diciptakanlah protokol pengatur transmisi dan protokol internet yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).
Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain atau Domain Name System (DNS). Hal ini memungkinkan seseorang dalam jaringan bisa tersambung ke suatu server tanpa harus mengetahui alamat protokol internet (IP Address) dari server itu. Sementara itu tahun 1987, komputer yang tersambung ke jaringan sudah mencapai lebih dari 10.000 komputer.

 
       Tahun 1990 merupakan tahun paling bersejarah ketika Tim Berners-Lee berhasil menciptakan program editor dan browser yang mampu menelusuri antara satu komputer ke komputer lainya dalam jaringan. program inilah yang dikenal sebagai World Wide Web (www).
Tahun 1992 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan sudah melampaui sejuta unit, dan di tahun tersebut sudah mulai dikenal istilah Surfing the internet. Dalam tahun 1994 website yang tumbuh di internet telah mencapai 3000 alamat halaman web, dan untuk pertama kalinya virtual shopping atau e-retail muncul di internet. Di tahun yang sama Yahoo! berdiri dan web browser bernama Netscape Navigator 1.0 diperkenalkan kepada masyarakat internet.


Semoga Bermanfaat !!!
 
(Pengunjung Yg Baik Slalu Membaca iklan Yg kami sediakan,Terimakasih)
 
NB : Bila ingin Copas ‘’Copy Paste’’ Tolong Cantumkan Link Blok ku ini  ya ^,^ Trimakasih.

0 komentar:

Gabung di Ziddu.com Yuk !!